Saturday, September 15, 2012

API pada Liberty Reserve (LR)

Hati-hati dengan aplikasi  API  pada  Liberty Reserve 
Bagi kalangan pegiat  bisnis online tentu sangat akrab  dengan Liberty Reserve.com sebagai salah satu penyedia layanan  e-currency terpercaya. Namun anda perlu dengan seksama dan cermat memperhatikan apabila suatu ketika menerima email seperti contoh berikut ini :

Subject  : Аutomatic withdrawal
Hello, this message is important for your pending withdrawal $3. Since we updated our system, an action is required at your end.

Here is what you need to do in order to continue receiving instant cashouts from (...).com

1. Login to your LR account, go to Merchant Tools.

2. Click on "Create new API"
3. Enter the following entries
3.1. API Name: (...)
3.2. Sec. Word: (...)
4. Tick ENABLED
5. Tick TRANSFER
6. Tick BALANCE

Other fields should be left to default. Enter your PIN and submit the new configuration.


You must respond to this e-mail once you have made the new settings and we will send the funds right away!


After doing so, please e-mail me
support@(...).com back you LR wallet (U123456)and we will fix this as soon as possible.

President of the (...).com.


Sebenarnya pada bagian "merchant tool" create Api dikhususkan bagi para pemilik webstore maupun bagi pemilik hyip itu sendiri tanpa digunakan kepada orang lain. Liberty Reserve juga memberikan peringatan pada bagian Create/edit API seperti berikut ini : 

 
"Only a hacker or a phishing web site will ask you to create/enable API. API is an alternative access to your account and funds. By creating API and giving the details of it to a 3rd party you are giving them access to your funds. API should only be used by programmers and merchants in their own accounts. Please report any website that asks you to enable API."

Dalam bahasa Indonesia sbb :

"Hanya seorang hacker atau situs web phishing yang akan meminta Anda untuk membuat / mengaktifkan API. API adalah alternatif akses ke account dan dana  anda. Dengan membuat API dan memberikan rincian ke pihak ke-3 Anda memberi mereka akses ke dana Anda. API hanya digunakan oleh para programmer dan merchant account mereka sendiri. Silakan laporkan setiap situs web yang meminta Anda untuk mengaktifkan API."
Jika suatu saat anda mendapatkan email seperti contoh diatas, saran saya, jangan mengikuti/ melakukan anjuran mereka untuk mengaktifkan API. Api key sebenarnya bukan untuk digunakan sebagai sarana menipu orang, akan tetapi setiap penipu pasti akan mencari cara memanfaatkan berbagai kesempatan.

Penjelasan berikut(dikutip dari salah satu blog exchanger
taco terpercaya) mengenai transfer jual beli LR dalam sekejap sbb :

Penipuan yang memanfaatkan Liberty Reserve semakin marak, salah satunya adalah dengan memanfaatkan API. API sebenarnya bertujuan untuk memudahkan kita saat ingin mentransfer Liberty Reserve tanpa harus login, dengan cara memperbolehkan seseorang untuk mengambil sejumlah dana yang ada pada akun Liberty Reserve kita, tentunya dengan persetujuan kedua belah pihak. Untuk mengecek apakah API sudah anda Create, Enabled atau Disabled, bisa dengan melakukan Login >> Ke menu Account >> Cari tulisan Services Status. 
Pada gambar diatas, tidak ada tulisan API, jadi akun tersebut tidak Create API.
Jika di bawah Wallet ada keterangan API Enabled, maka segeralah lakukan langkah disabled API tersebut agar dana tidak disalahgunakan hacker. Atau anda bisa men-DISABLED API tersebut dengan cara klik API, masukkan master key dan klik tombol DELETE.

Semoga postingan ini bermanfaat...
Silahkan kunjungi juga ini.

No comments:

Post a Comment

Bensae Community is dedicated to be a virtual home for empowerment and enlightenment. Thanks for visiting.