Tuesday, June 4, 2013

Liberty Reserve (LR) ...Riwayatmu Kini



Liberty Reserve, Riwayatmu Kini



Bagi netter yang biasa melakukan  transaksi online, nama Liberty Reserve (LR) tentu sudah luasa dikenal. Ia merupakan salah satu jasa layanan money processor yang  eksis cukup lama (di samping Paypal, Solid Trust Pay (STP), Webmoney, dsb.)






Warta duka itu dimulai ketika pada hari Jumat , tgl 24 mei 2013, Arthur Budovsky Belanchuk, pendiri dan pemilik Liberty Reserve, ditangkap karena tuduhan kejahatan keuangan online .  Liberty Reserve sendiri  selama ini dikenal sebagai  salah satu processor online mata uang elektronik yang paling populer  .
Sebagaimana dikutip dari TICOTIMES , dalam sebuah beritanya disebutkan bahwa Liberty Reserve (LR)  akhirnya  ditutup setelah pemilik (owner) dan  pendirinya (founder)  ditahan karena terlibat kasus money laundering atau pencucian uang. Menurut sumber diatas, Arthur Budovsky Belanchuk , sang pemilik Liberty reserve ditahan di Spanyol oleh tim gabungan Costa rica dan Amerika setelah penyidikan tentang kasus pencucian uang . Penyelidikannya sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2011 . Sejak tahun itu, Budovsky telah dicurigai atas tindak pidana pencucian uang di bawah Liberty Reserve. Seperti semua mata uang,bisa  digunakan untuk transaksi legal maupun ilegal. Budovsky sendiri tidak mengambil atau sengaja membantu money laundry , Kabarnya ia hanya menjalankan perusahaannya untuk mengatur mata uang Liberty Reserve.


Peristiwa ini merupakan pukulan besar bagi banyak changer dan pengguna jasa layanan  Liberty Reserve (LR) di seluruh dunia . Situs web Liberty Reserve saat ini direbut pemerintah.


Paska peristiwa itu, name server  untuk Liberty Reserve   telah diubah menjadi  ns1.sinkhole.shadowserver.org/  ns2.sinkhole.shadowserver.org

Shadowserver digunakan oleh Pemerintah AS untuk merebut sebuah website yang telah melakukan penipuan online .




Jika terbukti secara sah, Budovsky akan menghadapi tuduhan kriminal atas tindakan pencucian uang.



Dalam hal ini, semoga pengadilan  dapat berlaku dan memutus perkara secara adil dan pelanggan yang sah dari Liberty Reserve tidak kehilangan dana mereka.


Dan seandainya Liberty reserve down secara permanen, netter bisa menggunakan layanan jasa mencari ecurrency lain yang juga  banyak digunakan dalam dunia online. Tentunya faktor keamanan serta simpel menjadi pertimbangan utama . Beberapa alternatif yang bisa digunakan antara lain Paypal,Webmoney, Moneybooker, Perfect money, Solid Trust Pay dan lain-lain.

Semoga tulisan "sekedar sharing" ini bermanfaat. Terimakasih.


No comments:

Post a Comment

Bensae Community is dedicated to be a virtual home for empowerment and enlightenment. Thanks for visiting.