Monday, October 27, 2014

Keindahan Alam Pegunungan

KAWASAN HUTAN PINUS

Setelah menikmati keindahan Kebun BuahMangunan, perjalanan bisa dilanjutkan ke sebuah tempat tertinggi di kawasan Bantul. Tempat ini terletak di perbatasan dua desa  yaitu Mangunan dan Muntuk, keduanya masih termausk kecamatan Dlingo. Suasana yang masih alami, tenang dan juga sejuk udara yang menyelimutinya bahkan di siang hari sekalipun membuat tempat yang tak seberapa luas ini menjadi sangat layak untuk dikunjungi. Bagi anda yang ingin agak berlama-lama di daerah ini sangat disarankan tuk bawa logistic secukupnya mengingat cuaca yang dingin menyebabkan pengunjung gampang  disergap rasa lapar.

Jalur menuju Lokasi.

Untuk mencapai daerah ini bisa melalui beberapa jalur. Bagi anda yang sudah berada di kawasan  Kebun Buah Mangunan, tinggal menuju ke utara dan setelah sampai di depan Balai Desa Mangunan ambil arah kanan dengan tikungan tajam lagi menanjak. Memang diperlukan ke hati-hatian terutama bagi anda yang belum terbiasa menjelajahi wilayah ini. Setelah tanjakan beruikutnya, anda akan segera memasuki kawasan Hutan Pinus. Bagi anda yang menempuh jalur dari utara (Pathuk, Wonosari, dsb) anda cukup belok ke arah selatan di perempatan Patuk dekat Pos Polisi. Hanya ada satu jalan sehingga kecil kemungkinan anda akan tersesat.  Setelah sampai di perempatan  Terong anda  lurus saja, karena belokan ke arah timur akan menuju kecamatan Dlingo sedangkan ke arah barat jalanan akan menurun tajam melewati  lajur Cina Mati yang cukup terkenal itu. Ikuti terus jalan utama. Sekitar lima belas menit perjalanan anda akan sampai di lokasi, masuk dari arah utara.

Apa yang ada di Sini ?

a.       Tugu penanda Tempat tertinggi.

Di jalanan puncak Hutan Pinus terdapat sebuah monument berupa Tugu berbentuk balok setinggi kira-kira satu meter. Sayangnya banyak corat-coret di tubuhnya. Tugu ini sebenarnya merupakan penanda lokasi tertinggi untuk kawasan Bantul. Tugu ini berada tepat di perbatasan dua desa yaitu Muntuk dan Mangunan.  Biasanya para pengunjung lebih menyukai duduk-duduk  di bawah sebuah gazebo mini di sebelah utara tugu.

b.      Hutan Pinus.

Pepohonan pinus  tumbuh rindang dan berjajar rapi menghias lereng bukit. Daun-daun yang berguguran bahkan hampir menutupi permukaan tanah. Pemandangan ini terasa menjadi lebih semarak ketika  pergantian musim dan saat-saat liburan.

Saat ini sudah ada area parkir yang cukup representatif sehingga pengunjung yang membawa kendaraan baik motor sepeda maupun mobil akan merasa lebih nyaman.

c.       Panorama di balik Hutan Pinus.

Di sisi lain hutan pinus, tedapat area perbukitan dengan lereng-lereng  menghadap ke timur sampai selatan. Dari sini dapat dinikmati bentangan wilayah gunung kidul di kejauhan.