Monday, October 20, 2014

Tadabur Alam



Imogiri Tour and Around
Anda ingin mengenal daerah Imogiri dan sekitarnya ? Kita mulai perjalanan menuju sisi timur kota kecil yang dinamis ini.
1. Mangunan
Daerah Mangunan merupakan wilayah pegunungan dengan kekayaan alam yang khas. Setidaknya ada tiga obyek utama yang dapat dinikmati : Taman Agro, Hutan Pinus, dan Sumber Air Bengkung. Juga jangan dilupakan, ada makanan ciri khas wilayah ini yaitu thiwul dengan berbagai variannya. Untuk mencapai wilayah ini anda bisa melewati route dari Yogyakarta ke selatan melalui Jalan Imogiri Barat maupun Timur (terimal bus), sekitar 15 km akan sampai di Imogiri. Selanjutnya ambil arah timur , dan kemudian belok ke kanan pada pertigaan sebelum komplek Makam  Pajimatan. Jalanan akan terus menanjak sebelum akhirnya kembali datar pada daerah ketinggian.
 salah satu tikungan sekaligus tanjakan di jalan Mangunan, di kejauhan adalah Masjid Kraton di Kompleks Pajimatan Imogiri


1. Taman Agro (Kebun Buah) Mangunan


 papan penunjuk menuju lokasi
Lebih dikenal dengan nama Kebun Buah Mangunan sebagaimana tertera pada gerbang masuknya. Berada di ketinggian tebing sebelah selatan Mangunan , tepat di utara SPN Nogosari dengan dipisahkan oleh lilitan Kali Oya di sepanjang tepian bukit. Tempat ini selain sebagai tujuan wisata alam juga sering dipergunakan sebagai tempai berkemah . 

Untuk masuk ke kawasan wisata ini pengunjung memang dipungut retribusi namun relatif murah jika dibandiingkan dengan apa yang bisa dinikmati di sini. Begitu masuk lokasi  cukup sejuk terbentang area parkir yang cukup luas. Ada pendopo tuk sekedar melepas lelah sambil menikmati panorama yang luar biasa. Di sekeliling tumbuh atau ditanam pohon-pohon buah semakin nampak asri dikala musim buah tiba.
Bagi anda yang cukup bernyali bisa saja mengendarai motor ataupun mobil sampai ke puncaknya. Pada musim liburan atau saat-saat banyak pengunjung biasa diberlakukan jalur buka tutup demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.
Sebelum jalan menanjak naik, terdapat sebuah sumber air yang kemudian dibentuk menyerupai telaga. Namun pada musim kemarau seringkali mengering.
                                                              "telaga di tengah kebun buah"

Bagi yang ingin ke puncak dengan berjalan kaki bisa menaiki jalanan yang kadang menyerupai anak tangga. Badan akan segera berkeringat hangat begitu meninggalkan tanjakan pertama. Di sini banyak ditumbuhi pohon jambu. Anak-anak biasanya senang bergelantungan saat pohon-pohon ini berbuah. Ketika perjalanan dan pendakian mencapai puncak,  angin akan terasa semakin semilir bertiup dan cakrawala membentang begitu memukau. 
 salah satu panorama dari tebing puncak
Di sisi kiri adalah perbukitan yang sudah diolah menjadi taman dan kebun sekaligus kandang ternak. Di kejauhan, perbukitan terbentang mulai dari sisi timur sampai barat daya, dari gunung kidul sampai puncak becari Di bawahnya aliran sungai Oya dan di suatu tempat nampak bertemu dengan kali Opak untuk kemudian menyatu menuju laut selatan, bermuara  tepat di sebelah barat Pantai Depok.
Beberapa gasebo tempat berteduh menambah kenyamanan tempat ini. Pada saat liburan dan suasana ramai, banyak pedagang kecil menjajakan dagangan mereka di sini. Tentu saja dengan harga terjangkau.

                                           suasana santai saat bercanda di salah satu gasebo
Itulah sekilas mengenai Taman Buah Mangunan. Anda berminat ke sana ?
(bersambung)

No comments:

Post a Comment

Bensae Community is dedicated to be a virtual home for empowerment and enlightenment. Thanks for visiting.