Tuesday, September 27, 2011

Artikel Dunia Pendidikan : Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter.
Sebagaimana sudah diketahui,  mulai tahun Pelajaran 2011-2012, pemerintah mencanangkan diterapkannya Pendidikan karakter di setiap  lembaga pendidikan. Urgensi pembentukan karaktar (character building) untuk membentuk sebuah karakter bangsa (nation character) sangatlah terasa. 


Pendidikan karakter karenanya menjadi suatu keniscayaan untuk segera diterapkan. Bagi para pendidik, dengan diintegrasikannya Pendidikan Karakter dalam kegiatan (proses) pembelajaran, hal ini merupakan sebuah tanggungjawab yang berat. Setiap pendidik mulai harus melaksanakan Pendidikan Karakter ini. Secara otomatis, perangkat pembelajaran yang disusunpun akan mengalami beberapa perubahan. Meminjam istilah beberapa ahli, kita bisa melakukan add, adopt, edit bahkan omit (A2EO) untuk menuju sebuah perangkat yang kontekstual sekaligus memiliki nuansa "local genius."

Merencanakan kegiatan  pembelajaran yang bernuansa karakter merupakan sebuah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus mungkin melelahkan. Karenanya,  saya coba untuk  berbagi  file khususnya untuk perangkat pembelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP/MTs.
Adapun file-file yang bisa diunduh adalah :
1.Standar Kompetensi / Kompetensi dasar , silahkan klik
2.Pemetaan Materi, silahkan klik
3.Silabus , silahkan klik
4.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) silahkan klik
5.Program Semester silahkan klik
6.Program Tahunan silahkan klik
7.KKM silahkan klik
Semoga bermanfaat.
Majulah pendidikan Indonesia !
Terimakasih kepada Bapak Nurohman atas jasa baiknya. Jazakallah.




No comments:

Post a Comment

Bensae Community is dedicated to be a virtual home for empowerment and enlightenment. Thanks for visiting.